Jangan Suudzon, Allah Janjikan Pahala yang Besar bagi Mereka yang Berbaik Sangka

 

Jauhi prasangka buruk 
Terkadang dalam melihat suatu hal, sering muncul prasangka buruk terhadap orang lain. Alhasil menimbulkan kebencian dan kedengkian pada sesama. 
Oleh sebab itu Allah SWT melarang kita berprasangka buruk dan janjikan pahala besar bagi mereka yang berbaik sangka.

Di dalam sejumlah literatur hadits, disebutkan bahwa pahala berbaik sangka kepada sesama adalah surga. 
Sedangkan pahala berbaik sangka kepada Allah SWT, terurai seperti dalam hadits Qudsi berikut ini, 
“Aku tergantung sangka hamba kepada-Ku. Aku bersamanya kalau dia mengingat Aku. Kalau dia mengingatku pada dirinya, maka Aku mengingatnya pada diri-Ku. 
Kalau dia mengingat Aku di keramaian, maka Aku akan mengingatnya di keramaian yang lebih baik dari mereka. 
Kalau dia mendekat sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya sehasta. Kalau dia mendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Kalau dia mendatangi Aku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari.” (HR. Bukhari).
Namun sebaliknya, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang mukmin ketika berbaik sangka kepada Tuhannya, maka dia akan memperbaiki amalnya. Sementara orang buruk, dia berburuk sangka kepada Tuhannya, sehingga dia melakukan amal keburukan.” (HR. Ahmad). 
Maka tak ada pilihan, manusia harus berbaik sangka kepada Allah SWT. Tentang berbaik sangka kepada manusia, Anas bin Malik bercerita, 
“Pada suatu hari kami duduk bersama Rasulullah SAW. Lalu beliau bersabda, “Sebentar lagi akan muncul di hadapan kalian seorang laki-laki penghuni surga. Tiba-tiba muncul orang Anshar yang janggutnya basah dengan air wudhu. Dia mengikat kedua
sandalnya pada tangan sebelah kiri”.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Suudzon, Allah Janjikan Pahala yang Besar bagi Mereka yang Berbaik Sangka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel