Sambal Matah Khas Bali, Sederhana Tapi Pedasnya Nampaaar!!

 

Bicara makanan Indonesia, tak bisa lepas dari sambal. Ibarat kata, apapun makanannya, sambal tak boleh dilupakan. Mulai dari nasi putih, ayam, daging, aneka hidangan laut, hingga buah-buahan bakal terasa lebih nikmat jika ditambahkan sambal. Menu pendamping yang satu ini memang membuat selera makan jadi naik, dan inginnya nambah nasi lagi, lagi, dan lagi. Pedas memang dapat memberikan warna atau sensasi tersendiri bagi makanan. Sambal sendiri punya bahan utama cabai, yang memberikan rasa pedas dan unik.

Sambal Matah adalah salah satu sambal yang sangat terkenal di Indonesia dan menjadi ikon dari kuliner Pulau Dewata. Matah memiliki arti mentah. Sambel matah merupakan sambal yang berbahan mentah tanpa digerus (diulek). Untuk membuat sambel matah, bahan-bahan  dirajang, terasi direndam dan dihancurkan dalam minyak kelapa, setelah terasi hancur bersama minyak disiramkan pada bahan-bahan yang telah dirajang. Sambel matah biasanya digunakan tidak lebih dari sehari, sebab jika lebih dari sehari bahan-bahannya sudah mengeluarkan bau yang kurang sedap dan sambal ini tidak bisa dipanaskan.

Nah daripada semakin penasaran, berikut ini resep Sambal Matah Khas Bali sederhana yang bisa Bunda bikin sendiri di rumah ya;

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 8 buah bawang merah
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 2 batang serai (ujung besar saja)
  • 4 lembar daun jeruk (buang tulangnya)
  • 2 buah jeruk limau/nipis (bisa ganti cuka masak)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm minyak (panaskan)

Cara Membuat

1. Siapkan semua bahan. cuci bersih. daun jeruk buang tulangnya

2. Iris semua bahan, masukkan garam, gula dan perasan jeruk

3. Campur menjadi satu dan siramkan minyak panas

4. Sambal siap dihidangkan dengan berbagai lauk

Selain nampol pedasnya, bahan-bahan yang digunakan juga cara membuatnya sangat mudah didapat kan Bunda?  Sambal Matah Khas Bali cocok sebagai bumbu makanan seperti ayam sisit dan ikan bakar, bisa juga digunakan sebagai pelengkap makanan lain yang akan menambah kelezatan hidangan utama Bunda dan keluarga. Jika dirasa kurang pedas, Bunda bisa menambahkan jumlah irisan cabai rawitnya.

Sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sambal Matah Khas Bali, Sederhana Tapi Pedasnya Nampaaar!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel